sedih..., senang..., menangis...., tertawa

Saturday, March 3, 2007

Tips atasi dan cegah kebiasaan ngompol pada anak

Minggu ini aku merasa lelah. Aku menjalani hari-hariku dalam seminggu ini dengan lemah dan tanpa semangat. Entah kenapa??? Mungkin badanku terlalu lelah diajak bekerja keras. Dan selama seminggu ini pula tidak ada kejadian menarik untuk diceritakan. Tapi aku ingin tunjukan foto tebu transgenic yang telah aku dan teman-temnku hasilkan. Dari tebu-tebu ini baru satu yang telah terbukti transgenic. Dan foto-foto itu memberi semangat padaku untuk segera membuktikan bahwa hasil kerja selama ini tidak sia-sia. Semoga amien



BTW, aku ingin berikan tip yang sangat jauh dari kegiatanku di laboratorium. Tips atasi atau mencegah kebiasan ngompol pada anak
Tips ini diperuntukan bagi yang telah punya anak atau yang akan punya anak (like me)
Tips ini diambil dari pengalaman melihat kakak2ku yang sudah berkeluarga. Mudah2an ini bisa bermanfaat atau dimanfaatkan (ih.. apa sih... sama aja kali)
Tips ini juga sebagai salah satu cara untuk mendidik anak disiplin, terutama ketika hendak pipis. (buang air kecil). Karena berhubungan dengan mendidik maka hendaknya dilakukan sejak kecil. Jika anak sudah dibiasakan untuk pipis pada tempatnya maka diharapkan jika sudah besar mereka akan terbiasa.

  1. Biasakan anak pipis di kamar mandi sejak usia 5 bulan. Emang bisa? Kenapa tidak? Biasanya anak diajak ke kamar mandi dan buka celananya kemudian bantu anak untuk pipis dengan berkomunikasi. Hal ini dapat dilakukan pada jam2 tertentu. Biasanya setelah anak minum susu, sebelum dan sesudah tidur atau jam2 lain dimana anak2 terbiasa pipis. Bahkan jika anak bangun tidur dan mengompol ajaklah anak ke kamar mandi untuk pipis lagi atau hanya sekedar membersihkan bekas ompol pada badannya. Mungkin akan banyak mengalami kesulitan tapi percayalah bahwa anak sudah bisa diajak bicara. Anak akan merekam semuanya dan terbiasa dengan cara ini. Dan jika kita meninggalkan anak dengan pembantu atau babysitter sebaiknya diberitahu mengenai ini agar tips ini berhasil dengan baik. Ini pernah dilakukan kakakku pada anaknya ketika berusia 5 bulan. Dan berhasil dengan nilai plus……..
  1. Jangan biasakan anak memakai pampers apalagi di dalam rumah. Memang pampers mempermudah kita, tapi selain untuk kebersihan dan kesehatan gerak anak akan terganggu dan anak akan terbiasa pipis dimana pun dia berada (malas). Mungkin pampers lebih cocok digunakan ketika dalam perjalanan atau keluar rumah dalam waktu yang relative lama.
  2. Jika anak sudah menginjak usia diatas 5 tahun dan masih mengompol biasakan anak pipis di kamar mandi sebelum tidur. Di usia ini orang tua harus bekerja keras. Walaupun telah pipis sebelum tidur kadang anak bisa juga ngompol. Untuk mengatasi ini maka 2 – 3 jam setelah anak tidur, coba anak dibangunkan untuk pipis lagi. Biasanya anak malas untuk bangun. Jika anak susah bangun, angkat anak ke kamar mandi (walo dalam keadaan mata terpejam) dan perintahkan untuk pipis. Insya allah kebiasaan ngompolnya akan hilang dalam beberapa bulan terapi.
  3. Ingat bahwa kebiasaan mengompol membuat anak merasa minder dan malu. Biasanya anak yang punya kebiasaan ini sedikit terhambat perkembangan jiwanya. Jadi jangan mempermalukan dia di depan orang lain dengan mengatakan kebiasaannya tersebut.

Ini terjadi pada ponakanku. Dia merasa minder berada diantara teman2nya. Dia pun enggak bisa menginap di rumah orang lain (saudaranya) atau ikut kemping dengan teman sekolahnya. Jika menginap di tempat lain, tidurnya tidak nyenyak karena malu dan tertekan.

Selamat mencoba…….

4 Comments:

Blogger Mama Rafi said...

calon ibu yg baik neh :)

March 5, 2007 at 8:08 AM

 
Blogger angin-berbisik said...

wah baby berhenti sendiri ngompolnya tuh...hehehe, sepertinya beda2 tiap anak nes...

March 5, 2007 at 8:51 AM

 
Blogger agung said...

Nah kalau mbak sendiri kerja di Deptan atau Depkes?
Mengingat ada "tebu transgenik" dan "pampers" =D
Salam kenal...

March 6, 2007 at 11:46 AM

 
Blogger Toko Online Nizham said...

Melindungi anda dan anak-anak anda dari debu tungau. Tungau ini hidup dari memakan serpihan sel kulit mati manusia. Mereka mengeluarkan kotoran setiap hari dalam bentuk debu tungau yang sangat halus. debu tungau dapat menyebabkan anak pilek terus2an(pilek krn alergi debu tungau).

SPREI ANTI AIR, BAHAN HALUS, ECERAN & GROSIR Rp. 145.000 | 0852 67280067 pin BB 26B93078

July 27, 2012 at 7:40 AM

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home