sedih..., senang..., menangis...., tertawa

Sunday, February 25, 2007

Aku bahagia banget..................

Hari jum'at kemaren aku dapat kabar yang membuatku bahagia banget. Kebahagiaan ini tidak bisa dilukiskan pokoknya bahagiaaaaaa banget. Kabar apa sih yang telah membuatku begitu bahagia? Apa yang aku cari selama setaun terakhir akhirnya mulai terlihat jelas. Susah payahku mencari itu hilang sudah. Keluh kesahku tidak sia-sia. Mau tahu apa yang aku cari? Yang jelas sih bukan cowok keren yang aku dapat....(walaupun itu juga masih aku cari...)
Aku kan ikut salah satu proyek kerjasama IPB dengan RNI, salah satu perusahaan BUMN untuk memproduksi gula. Selain itu kerjasama ini juga pernah dibiayain oleh DIKTI. Proyek ini bertujuan untk menghasilkan tanaman tebu transgenik yang mampu mengurangi kebutuhan pupuk P, meningkatkan rendemen tebu dan pakan ternak (Pakan ternak ini diambil dari daunnya). Gen yang akan disisipkan pada tebu ini merupakan gen yang mampu menghasilkan enzim fitase yang baik untuk penguraian senyawa fitat yang ada pada tumbuhan tebu dan juga baik untuk pencernaan hewan. Proyek ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap awal IPB bekerjasama dengan salah satu peniliti dari lembaga penelitian Jerman. Pada tahap ini dilakukan perakitan gen yang akan disisipkan. Konstruk gen ini kemudian dimasukan ke dalam vektor. Vektor yang digunakan adalah Agrobakterium tumafaciens. Tahap ini diselesaikan kalau tidak salah pada tahun 2001. Aku tidak ikut dalam tahap itu. Tahap kedua, IPB bekerjasama dengan RNI dan mengajukan proposal ke DIKTI dan akhirnya diterima sebagai salah satu peserta RAPID (Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri). Pada tahap ini dilakukan uji metoda dan uji media yang dapat digunakan. Aku ikut dalam tahap ini. Aku mulai melakukan penelitian pada September 2004. Awalnya aku mencari media tumbuh yang paling sesuai dengan varietas yang aku gunakan. Penumbuhan tanaman ini menggunakan sistem kultur in-vitro. Setelah diketahui media yang sesuai, kemudian aku mulai melakukan tranformasi gen tersebut. Tak diduga ternyata itu proses tersebut membutuhkan waktu cukup lama sekitar 1 1/2 taun. Selama itu pula aku berkutat dengan bakteri.
Ohh iya pada tahun 2005 proyek ini dievaluasi dan ternyata keputusan DIKTI sungguh membuat kami kecewa. Proyek ini tidak lagi dibiayai oleh DIKTI karena dianggap tidak berhasil. Keputusan DIKTI itu terus memacuk tim untuk menghasilkan tebu transgenik. Dan upaya dan kerja keras kami akhirnya membuahkan hasil.
Setelah proses transfer selesai, berhasil diperoleh tanaman tebu yang diduga transgenik. Untuk
membuktikan apakah tanaman tersebut kamu melakukan beberapa uji. Uji aktifitas enzim dari gen yang disisipkan dan uji Polymerase Chain Reaction (PCR). Untuk uji aktifitas enzim kami hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama. Tapi untuk PCR kami telah menghabiskan waktu hampir satu taun. Baru kemaren kami bisa berhasil melakukannnya. Itulah.. yang membuatku bahagia.....
Namun ini belum usai ada beberapa hal yang harus terus aku dan teman-teman lakukan untuk memastikan kebenaran dari pembuktian tersebut. Aku mohon doanya. Amien
Eh.. iya kebahagiaan ini tentunya tak pernah lepas dari dukungan KEKASIHKU yang sangat setia menemaniku dan memberikan semua kasih dan sayangnya.

KEKASIHKU
aku tahu ini semua KARENAMU.
Kau tak pernah melepasku sendirian
Kau setia dengan CINTAMU
KEKASIHKU
Izinkan aku mengucap TERIMA KASIH yang tulus
Maafku yang tak pernah putus aku ucapkan

I LOVE U


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home